Erla Rosyana, Pelestari Perempuan yang Mampu Melawan Rasa Takutnya


Pelestari, pahlawan biru penjaga alam tetap lestari. Pelestari adalah garda terdepan dalam ekosistem Octopus. Mereka bertugas untuk menjemput sampah/kemasan bekas pakai yang telah dikumpulkan masyarakat untuk didaur ulang.

Pelestari Octopus terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan latar belakang yang berbeda. Ada yang sebelumnya bekerja sebagai pengumpul sampah, ada yang dari ibu rumah tangga dan ingin menambah penghasilan, bahkan ada juga yang memang tergerak untuk menjaga lingkungan lebih baik dengan menjadi Pelestari.

Erla Rosyana, salah satu Pelestari perempuan yang aktif di regional Jakarta. Menurutnya Pelestari adalah orang yang terwujud dalam pemikiran, sikap, dan tingkah laku untuk mendukung pengembangan lingkungan khususnya daur ulang sampah. 

Saat Erla memutuskan untuk bergabung menjadi Pelestari, awalnya dia merasa takut tidak mampu menjalankannya. Dia tahu bahwa yang menjadi Pelestari umumnya adalah laki-laki dan tugas utama yang harus dikerjakan adalah menjemput sampah. Tapi Erla yakin dengan keputusannya menjadi Pelestari. Sampai akhirnya Erla dinobatkan sebagai Pelestari dengan orderan terbanyak di bulan Mei 2023.

Sebelumnya, Erla juga masuk ke dalam 3 besar Pelestari yang mendapat orderan terbanyak pada campaign Pejuang Mudik Bareng Citilink. Itu adalah kompetisi untuk semua Pelestari selama bulan Ramadan. Berhasilnya Erla masuk ke dalam 3 besar membuktikan bahwa profesi Pelestari bisa dilakukan siapa saja.

Erla sadar, menjadi Pelestari bukanlah hal yang mudah. Tak jarang dia harus menempuh jarak yang jauh untuk menjemput sampah dari rumah ke rumah. Erla berharap kepada semua Pelestari khususnya Pelestari perempuan bisa terus semangat dalam membantu masyarakat untuk daur ulang sampah/kemasan bekas pakai lewat Octopus